tubing goa sari ngargoyoso

Jika berlibur ke lereng Gunung Lawu, jangan lupa mampir ke Goa Sari. Di gua buatan ini Anda bisa menyimak relief di dinding gua. Bisa offroad dan tubing (meluncur di air dengan ban) di antara rimbun pepohonan.

Goa Sari, sebuah gua yang dibuat oleh seorang guru bernama Sunarto. Tanpa dibantu siapa pun, dia menggali gua sepanjang belasan meter di bawah kediamannya. Pekerjaan itu dia lakukan selama tiga tahun. Usai rampung, Goa Sari diresmikan pada September 2011.

Tubing Goa Sari terletak di Seguwo, Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di tengah-tengah rute dari terminal Karangpandan menuju Candi Cetho dan Candi Sukuh. Gua ini juga searah dengan Air Terjun Jumog.

Pintu masuk Tubing  Goa Sari berada di sebelah timur . Sedangkan pintu keluarnya ada tiga buah. Gua bercabang lima ini dihiasi relief-relief karya Sunarto. Pemandangan alam, lima tempat ibadah, sumber air, dan perkotaan merupakan hal-hal yang digambar Sunarto di dinding gua.

tubing goa sari

Selain wisata gua, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar rumah Sunarto. Di belakang rumahnya, ada fasilitas gazebo, kolam renang, bola air, trail adventure, egrang, rivet tubing arena (menyusuri sungai dengan menggunakan ban), flying fox, offroad dengan mobil jeep, ATV, outbond, dan permainan tali.

Untuk menemani liburan Anda, beragam kuliner disajikan. Tepat di atas Tubing Goa Sari, ada restoran berkonsep lesehan. Aneka makanan khas daerah Ngargoyoso dan beragam minuman hangat disediakan di sana. Di sana, Anda akan disuguhi wedang jahe, teh poci, wedang rempah dan aneka jus. Menu andalannya iga cobek, ayam penyet, dan berbagai jenis ikan goreng dan bakar.