Penginapan Kemuning Karanganyar

Sesuai namanya, kebun teh Kemuning ini berada di Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Sekitar 10 km arah timur laut dari jalur utama Solo-Tawangmangu. Kebun teh Kemuning merupakan salah objek wisata yang menawarkan pesona yang masih asri di bawah kaki Gunung Lawu dengan suhu udara sejuk rata-rata 2,1 derajat Celcius.

Kebun teh ini sendiri memiliki akses jalan yang sebenarnya cukup mudah. Jika pelancong menggunakan jasa kendaraan umum, harus naik bus sebanyak dua kali, yaitu dari Solo menuju Tawangmangu, kemudian dilanjutkan dari Tawangmangu menuju terminal di Desa Kemuning menggunakan bus kecil. Sementara, untuk menuju kebun tehnya, bisa menggunakan jasa ojek.

Selain menawarkan panorama alam yang indah plus udara yang segar, kebun teh ini juga didukung berbagai . Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga luar ruangan, seperti terjun payung, bersepeda, trekking, camping, paralayang, atau bermain kendaraan ATV. Selain itu, disediakan pula lapangan golf, lapangan basket, dan juga arena bermain futsal.

Setelah menikmati keindahan kebun teh Kemuning, pengunjung dapat mengisi ulang energi mereka dengan berbagai menu makanan yang disediakan di beberapa warung makan. Di sini, tersedia berbagai menu yang mengundang selera, seperti ikan mas bakar atau goreng, ayam bakar dan goreng, ikan kakap goreng, ikan lele goreng, serta lalapan dan sayuran.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas lain seperti akomodasi penginapan? Sayangnya, hingga detik ini, di kawasan kebun teh Kemuning belum disediakan fasilitas . Namun, Anda masih bisa mencari yang berlokasi tidak jauh dari kebun teh ini.

Berikut beberapa  kemuning yang ada di dekat kebun teh Kemuning.

Rindu Alam Cottage, Dusun Girimulyo, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngagoyoso

Pondok Adem Ayem. Terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar

Pondok Ceto IndahDusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar

Pondok Kusuma Ryu. Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar

Pondok Lestari. Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar