candi sukuh

Candi Sukuh cukup terkenal di kalangan masyarakat Solo dan sekitarnya. Candi ini berada pada ketinggian sekitar 1.186 mdpl yang membuat udara di sekitarnya terasa sejuk cenderung terasa dingin. Tidak jauh dari candi ini terdapat kompleks Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I atau sering disebut TAHURA. Candi ini juga dikenal dengan candi yang erotis, reliefnya yang banyak menggambarkan organ vital manusia menjadi salah satu alasannya.

Candi Sukuh berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, dibangun pada sekitar abad ke-15 oleh masyarakat Hindu Tantrayana. Bagi anda yang ingin berkunjung ke objek wisata Candi Sukuh Karanganyar harus melewati jalan yang cukup rumit dan tanjakan tajam karena candi ini berada di lereng Gunung Lawu. Apabila anda memilih pergi dengan mengendarai kendaraan pribadi harus berhati-hati. Jalan menuju ke candi ini terkenal cukup menanjak. Sesampainya di sana maka anda akan disuguhi keindahan dari patung, arca, prasasti, serta relief-relief di sekitaran maupun di dalam candi.

RELIEF UNIK

Candi Sukuh ini menyimpan keunikan tersendiri karena berbeda dengan candi-candi Hindu lainnya yang mempunyai ciri bangunan memusat. Tata letak candi ini bangunan memanjang kebelakang dan berundak tiga teras, yaitu Jaba, Jaba Tengah dan Jeron. Untuk memasuki Jaba harus melewati gapura Cangapit, gapura yang terkenal dengan Lingga-Yoni yang terlukiskan pada lantai gapura. Menuju Jaba Tengah dan Jeron harus melalui gapura Sela Setangkep terdapat profil candi yang berada di depan candi induk dengan arsitek pyramid terpancung.

candi sukuh

Pada halaman candi ini banyak relief mengambarkan cerita Sudamala, Garudeya dan Dewa Ruci. Ada banyak pelajaran disana, salah satunya tentang seksualitas Candi Sukuh. Kuatnya aroma kisah percintaan di candi sukuh tergambar dari relief-relief yang ada seperti relief kidung Sudamala dan keberadaan Lingga Yoni sebagai lambang maskulinitas dan feminitas. Sudamala mengisahkan tentang pembebasan atau ruwatan  Ranini dari wujud Durga menjadi Uma yang cantik. (cuddha berarti bersih,mala artinya dosa). Sadewa yang telah berhasil membebaskan wujud jahat durga diberi gelar Suda Mala (menghapus wujud jahat).

Tiket masuk ke candi sukuh berkisar 7 ribu rupiah untuk wisatawan domestik, dan 25 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara. Ayo kunjungi candi yang eksotis ini, dari ketinggian candi Sukuh, kita akan mendapati view yang tepat untuk menikmati hamparan hijau kebun teh Kemuning.