Foto diambil oleh frajbeast.

Foto diambil oleh frajbeast.

Air Terjun Temanten ini terhitung minim informasi. Fasilitas dan pengelolaan laiknya wisata lain di sekitar Ngargoyoso juga belum sepenuhnya tersedia. Selain lokasinya di tengah hutan, air terjun temanten belum diberdayakan secara maksimal. Lokasinya ada di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi. Di tengah hutan Gumeng, terdapat dua air terjun yang dipisahkan bukit. Air Terjun ini memiliki keunikan, yaitu hanya muncul di musim penghujan saja., pada musim kemarau airnya biasanya tidak mengalir, sehingga kita tidak bisa menyaksikan keindahan air terjun kembar ini.

Air Terjun Temanten tersembunyi di dalam hutan.Terletak di Desa Gumeng, Kec.Jenawi, Kab.Karanganyar. Warga sekitar memberi nama air terjun Pengantin. Nah, air terjunnya ada dua “sepasang” yang di pisahkan dengan Gunung Obat. Ada air terjun yang laki-laki dan satunya perempuan. Untuk kesini butuh waktu sekitar setengah jam menyusuri hutan dan sungai. Air Terjun Temanten Laki-laki, jalurnya lebih mudah dari pada ke air terjun yang Perempuan hanya butuh waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Selain air terjun, disini juga terdapat sebuah goa. Goa Selo Umeng namanya. Karena tempatnya tersembunyi di dalam hutan untuk menyusurinya, sangat disarankan ditemani warga sekitar agar anda tidak tersesat di dalam hutan.

Kalau anda penasaran, silahkan coba menyusuri Air Terjun Temanten ini, di tengah indahnya alam di Kecamatan Jenawi. Jangan lupa, hubungi penduduk setempat untuk mengeksplornya, karena masih minimnya pengelolaan di tempat ini.