girimulyo

Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar mengikutsertakan 60 warga Desa Girimulyo, Ngargoyoso mengikuti bimbingan teknis Kemensos dalam rangka mewujudkan Kampung Siaga Bencana (KSB). Mereka lolos dari 100 warga yang diusulkan.

“Dari 100 orang yang diusulkan menjadi pengurus KSB, dipilih 60 diantaranya menjalani bintek selama 3 hari mulai 31 Juli 2017,” kata Kepala Dinsos Karanganyar, Agus Heri Bindarto kepada Tinlo.net, kemarin.

Dalam pengukuhan KSB Giri Makmur Desa Girimulyo itu, para warga peserta bintek diharapkan mampu menjadi ujung tombak penanggulangan bencana di daerahnya. Kepada mereka, Kemensos menyerahkan bantuan logistik antara lain familiy kit, matras, tenda, bahan pangan dan peralatan dapur umum serta selimut dan tikar. Dilaksanakan pula simulasi penanganan bencana alam yang melibatkan masyarakat desa tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Agus, pihaknya sebenarnya mengusulkan KSB di Desa Gempolan, Kerjo dan Girimulyo, Ngargoyoso. Setelah dilakukan survei oleh tim Kemensos, hanya satu diantaranya disetujui.

“Tujuan KSB untuk memberikan pemahaman, kesadaran masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana. Memperkuat jejaring dan interaksi, mengorganisir masyarakat, dan menjamin kesiapsiagaan berkesinambungan,” katanya.

Sumber : timlo.net